Pengenalan Akuntansi

Sebelum kita belajar lebih jauh, saya akan menerangkan apa itu akuntansi? American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai “Proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan suatu informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi tersebut”.

Perlu Anda ketahui definisi akuntansi ada dua pengertian, yakni:

  • Kegiatan Akuntansi Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukur, dan pelaporan informasi ekonomi.
  • Kegunaan Akuntansi Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Tapi yang paling penting adalah tujuan utama akuntansi yaitu diharapkan dapat menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari suatu kesatuan ekonomi (economic entity). Maksudnya kesatuan ekonomi ialah suatu badan usaha tertentu (business enterprice). Tentu saja hasil informasi tersebut harus menguntungkan pihak intern dan extern perusahaan.

Jadi Informasi ekonomi itu sangat penting bagi suatu perusahaan dalam melakukan suatu kegiatan bisnis. Mereka harus menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis, dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan lainya, kemudian melaporkan hasilnya.

Leave a comment

Filed under Akuntansi Dasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s